f Facebook Menyebalkan - Baju Batik Semarang

Thursday, September 20, 2018

Facebook Menyebalkan

Facebook Menyebalkan- Ini adalah sebuah curhatan dari seseorang yang mengirimkan keluhan ketika dibanned 8X oleh facebook tanpa alasan yang jelas. Jika Anda memiliki artikel atau sekedar curhatan tentang sosial media ataupun masalah bisnis, Anda bisa mempublikasikan nya di blog ini secara gratis, agar banyak orang akan mendengar kisah dan pengalaman Anda. Cara mengirimkan nya, kunjungi saja: Hubungi Administrator

Mimin tidak bertanya banyak tentang identitas dari si pengirim cerita ini. Namun, dari kisah yang diceritakan nya, tampak nya dia juga Administrator blog dan fanspage tertentu.

Yap, langsung saja yah, ini dia Copas'an dari Curhat'an dari seorang misterius tanpa nama yang mengirimkan artikel berjudul Facebook Menyebalkan.


FACEBOOK MENYEBALKAN- Ini adalah kali ke-8 saya membuat akun facebook. Dan saya (Admin *** *** *********) kali ini benar- benar sangat kecewa terhadap facebook. Mengapa saya kecewa?. Saya telah memiliki lebih dari 4800 teman, dan jumlah lebih dari 6.000 likers Fanspage yang sudah saya dapatkan dengan susah payah, dan mereka (pihak FB) dengan begitu saja menonaktifkan akun saya tanpa sebab. Bahkan, saya pun tidak mendapatkan email pemberitahuan bahwa akun saya telah dinonaktifkan. Boro- boro ada pemberitahuan tentang penonaktifan akun, bahkan alasan penonaktifan nya pun tidak dijelaskan. Ketika saya login ke dalam akun facebook saya, tiba- tiba saya mendapati akun FB saya dinonaktifkan. Padahaaal.... saya sudah melakukan semua syarat dan ketentuan yang facebook telah tetapkan. Seperti halnya; [1]. Saya sudah menggunakan nama asli, [2]. Saya menggunakan tanggal lahir saya yang asli, [3]. Saya tidak pernah sama sekali upload foto bernada p*rn*grafi sedikitpun, [4]. Saya hanya memiliki akun FB satu buah saja.

Dan segala tindakan saya di FB pun, saya tidak pernah sama sekali menyebarkan link spam, men-tagging banyak orang di dalam foto saya, dan tindakan spam lain nya. Ini bukan kali pertama penonaktifan akun saya yang tanpa sebab. Ini sudah 8X terjadi. Dan sebelum sampai saat saya membuat artikel ini, saya masih setia menggunakan Facebook. Namun, setelah artikel ini saya buat, saya tidak akan mungkin mau membuat Facebook lagi. Karena sistem administrasi nya yang sangat luar biasa ketat dan sangat tidak nyaman.

Mengapa saya sangat kecewa dan tidak mau lagi menggunakan Facebook?. Alasan pribadi saya yang utama adalah: [1]. Facebook tidak bisa digunakan sebagai ladang usaha. Mengapa?. Karena jika Anda membangun fanspage Anda kemudian memiliki banyak likers (walaupun dengan promosi menggunakan FB), tiba- tiba saja mereka membanned akun Anda dengan alasan tidak jelas (secara otomatis Fanspage Anda akan hilang juga jika akun Anda dinonaktifkan). Betapa sangat mengecewakan nya (seperti yang telah terjadi kepada saya) bila hal ini terjadi. Anda telah susah payah membangun Fanspage Anda, dan tiba- tiba saja akun Anda dibanned.

Jangan pernah berfikir untuk menyalahkan diri Anda sendiri, jika akun FB Anda dinonaktifkan. Misalkan seperti ini: Akun Anda dinonaktifkan, kemudian Anda berfikir; “Ah, akun saya dinonaktifkan paling karena saya melakukan kesalahan”. TIDAK.... !. Kebanyakan akun FB Anda dinonaktifkan bukan karena kesalahan Anda, namun karena sistem administrasi Facebook lah yang terlalu ketat. Seakan- akan, satu kesalahan kecil saja, mereka akan menonaktifkan akun facebook Anda. Jika Anda masih belum mengerti arti “TERLALU KETAT?” yang saya coba sampaikan, contoh nya adalah seperti ini: Anda mengalami hari buruk. Dan karena Anda kesal (seperti halnya selayaknya manusia pada umum nya), Anda kemudian update status “Dasar SIAL, .......” (dengan kata- kata yang kurang enak dibaca oleh orang lain. Yap, kita semua adalah manusia normal yang memiliki rasa kesal dan marah). Tahukah Anda..!. Dengan hanya hal itu saja, akun FB Anda bisa di nonaktifkan jika ada SATU ORANG SAJA YANG TIDAK SUKA DENGAN ANDA kemudian melaporkan konten Anda. 

Apa yang ingin saya sampaikan adalah: Meskipun Anda tidak salah apapun, jika ada seseorang yang melaporkan akun FB Anda, akun Facebook Anda pun akan DINONAKTIFKAN. Dimana hal ini yang membuat Facebook Menyebalkan.

Diatas adalah alasan saya tidak menggunakan Facebook lagi. NAMUN, selama saya menggunakan Facebook, saya telah melihat adanya hal- hal yang luar biasa tidak masuk akal, yang akan saya jabarkan dibawah ini (yang mana dengan hal ini mungkin akan membuat Anda berfikir ulang untuk menggunakan Facebook).


Alasan mengapa Facebook menyebalkan:

[1]. Sistem Administrasi yang super ketat. Satu kali kesalahan, akun FB Anda akan dinonaktifkan. Jika Anda telah bekerja keras membangun fanspage Facebook Anda untuk kepentingan bisnis, SATU KESALAHAN SAJA (misalkan Anda terlalu banyak mentagging foto ataupun menyebarkan link, ataupun ada SATU orang yang tidak suka dengan Anda kemudian melaporkan konten Anda tanpa alasan yang masuk akal) Anda akan kehilangan akun Anda dan juga fanspage FB Anda. Tidak peduli, apakah Fanspage Anda itu telah berumur bertahun- tahun dan jumlah likers yang lumayan banyak yang telah Anda dapatkan dengan susah payah, Anda akan kehilangan itu semua hanya karena SATU kesalahan kecil. Dan tentu saja, seperti yang banyak orang tahu, Facebook tidak memiliki Customer Service yang bisa Anda hubungi secara langsung. JADI.... bila akun Anda di-NONAKTIFKAN, maka Anda tidak akan bisa protes ataupun mengajukan banding. Itu takdir anda :p

[2]. Promosi Facebook yang sangat kurang efektif. Saya pernah melihat sebuah fanspage, yang saya lupa namanya. Saya melihat, fanspage itu memiliki lebih dari 1 juta likers. NAMUN, tahukah kalian, ketika saya melihat postingan dari fanspage tersebut yang dipostingkan satu hari yang lalu, hanya mendapatkan 5 likes (5 Jempol), tanpa komentar. Bayangkan.. 1 juta likers yang didapatkan dari promosi Facebook, satu status saja hanya di-LIKE oleh 5 orang!. Padahal, tujuan mempromosikan Fanspage Facebook adalah agar mendapatkan banyak likers, agar para konsumen Anda tetap terhubung dengan Anda. Namun, kenyataan yang saya lihat, ketika fanspage yang memiliki 1 juta likers itu, membuat sebuah status, hanya ada 5 jempol yang melayang. Padahal LIKERS Fanspage itu mencapai 1 juta orang lebih. Betapa aneh nya hal ini. Saya meyakini, likers yang didapatkan dari fanspage yang saya katakan diatas adalah, didapatkan dari promosi Facebook. Mengapa?. Karena saya melihat fanspage tersebut itu dari promosi di beranda Facebook saya.

Salah satu kasus nya bisa kalian pada gambar yang saya sisipkan dibawah ini...

[3]. Semua informasi yang tertampil di akun FB Anda harus sebenar- benarnya. Jika saja, tanggal lahir Anda adalah 5 Mei 1980. Namun, Anda menulis tanggal lahir Anda di Facebook adalah 5 April 1980. Kemudian, ada orang yang tidak suka dengan Anda kemudian melaporkan akun Anda dengan alasan “Akun Palsu”. Akun Anda kemudian akan DINONAKTIFKAN ataupun TERKUNCI. Dan, meskipun Anda mengirimkan Kartu Tanda Pengenal, jika hanya SATU saja informasi yang Anda tuliskan di FB Anda tidak sama dengan Kartu Tanda Pengenal Anda, maka Akun FB Anda malah tidak hanya terkunci, namun akan DINONAKTIFKAN PERMANENT.

[4]. Satu laporan tidak benar kepada akun Anda, akan menyebabkan akun Anda dinonaktifkan. Hal inilah yang saya alami. Saya telah membuat dan beraktifitas menggunakan FB sesuai dengan syarat dan ketentuan pengguna. Namun, saya yakin, karena ada orang yang tidak suka dengan saya (ada orang yang mengancam saya melalui inbox akan melaporkan akun FB saya sebelum akun saya dinonaktifkan), maka dengan satu laporan yang tidak benar dan tidak beralasan itu, akun FB Anda bisa dinonaktifkan. 

[5]. Megirimkan link yang dilarang oleh Facebook (seperti link Adfly, 4shared, dll) baik melalui inbox ataupun di status, akan membuat akun Anda dinonaktifkan permanen. Percaya atau tidak percaya, silakan buktikan ucapan saya: Postingkan atau Kirimkan melalui inbox, link dari 4shared. Misalkan, buatlah postingan sebanyak 5X yang berisi link 4shared.com. Kemudian, biasanya akan muncul sebuah kotak Chapta (huruf keamanan yang bengkok- bengkok). Isikan kode chapta tersebut sesuai apa yang tertampil. Kemudian postingkan. Lakukanlah hal ini sampai 5X. Dan ketika Anda mencapai ke-5 Kalinya, anda kemudian akan langsung dikeluarkan dari facebook. Dan ketika Anda mencoba login ke akun Facebook Anda, Anda akan mendapati pesan seperti ini: “Akun Anda telah dinonaktifkan. Bila ada hal yang kurang jelas, silakan kunjungi FAQ atau klik disini”.

[6]. Mempostingkan sebuah gambar orang biasa (bukan gambar p*rn*grafi apapun), namun dengan gaya foto dengan paha yang terbuka, akan membuat akun FB Anda langsung dinonaktifkan. Hal ini pernah saya alami. Bila Anda ingin mencobanya, silakan postingkan gambar dibawah ini. Jika akun Anda kemudian dinonaktifkan secara permanen, jangan salahkan saya.

Download Gambar yang bisa membuat Facebook mu terdelete permanent langsung !


[7]. Mengkonfirmasi banyak teman, akan membuat akun FB Anda dikunci. Mengkonfirmasi orang yang tidak dikenal, membuat akan Anda terkunci. Jadi, serba salah... ada banyak orang yang ingin berteman dengan Anda di FB. Tapi, jika Anda mengkonfirmasi mereka semua, akun FB Anda akan terkunci. Tapi, jika Anda tidak mengkonfirmasi mereka, mereka akan menganggap Anda sombong. Mengapa Anda menggunakan Facebook dengan sistem yang sangat konyol seperti ini.


Anda bisa membuka kunci akun FB Anda dengan cara mengirimkan KTP Anda kepada pihak FB. TAPI.... jika SATU SAJA informasi yang Anda cantumkan di akun Facebok Anda tidak sesuai dengan KTP Anda, tidak hanya akun Anda akan terkunci terus, melainkan akun FB Anda malah akan dinonaktifkan permanen. Lebih lengkapnya tentang hal ini, silakan lihat kembali poin 3.

Lihatlah... dalam hanya 3 hari, saya telah mendapatkan lebih dari 100 permintaan pertemanan. Tapi, saya tidak berani mengkonfirmasinya, karena takut akun FB saya akan terkunci........ AAAAAAAAAHHHHHHHHHHHH... KOPLAK BANGET FACEBOOK INI NIIH... :/

[8]. Sistem super ketat lain nya. Hal ini akan saya jabarkan sbb: Menambahkan terlalu banyak teman, membuat akun Anda terblokir sehingga Anda tidak bisa berkomentar atau mengirimkan pesan selama 1 bulan. Menyebarkan lebih dari 10 link dalam 5 menit , Mentagging banyak orang dalam satu foto, mentagging banyak orang dalam 1 status, mentagging banyak orang dalam 1 video, akan membuat akun Anda terblokir sehingga Anda tidak bisa berkomentar atau mengirimkan pesan selama 1 bulan. Jika Anda melakukan lebih dari dua hal yang saya sebutkan diatas; misalkan, Anda mentagging banyak orang dalam 1 foto dan juga menyebarkan banyak link, akun Anda akan dinonaktifkan permanent.

[9]. Jika Anda adalah anggota dalam sebuah group, dan grup tersebut berisi sebuah konten yang tidak baik, kemudian pihak facebook membanned group tersebut, maka akun Anda pun (yang termasuk anggota dalam group tersebut) akan dinonaktifkan juga. Tidak peduli apakah Anda telah atau sama sekali tidak memposting sesuatu dalam group tersebut, ataukah Anda dimasukan orang lain secara tidak sengaja di dalam sebuah group tersebut, tidak peduli itu semua, akun Anda akan tetap akan dinonaktifkan. Alasan nya sederhana: Anda adalah salah satu anggota dari group yang melanggar TOS (Term of Service= Syarat dan Ketentuan) dari facebook. Dan –sekali lagi- tidak peduli apakah Anda telah atau sama sekali tidak memposting sesuatu dalam group tersebut, ataukah Anda dimasukan orang lain secara tidak sengaja di dalam sebuah group tersebut.

[10]. Jika keluarga Anda (misalkan adik Anda) login kedalam akun Facebook nya dengan komputer yang sama dengan Anda, maka Anda akan dianggap memiliki akun lebih dari satu. Yang akhirnya, akan membuat akun Anda dan akun adik Anda (kedua akun) dinonaktifkan. Karena mereka mengira bahwa; Anda memiliki akun lebih dari satu.


Apa yang membuat Facebook begitu menyebalkan adalah hal seperti ini: Mereka seakan- akan menyarankan banyak orang sebagai teman (terlebih dengan tombol “ADD AS FRIENDS” yang tampak begitu mencolok di timeline). Teman yang disarankan itu kebanyakan malah orang yang tidak Anda kenal. Namun, ketika Anda melakukan apa yang mereka suruh (meng-ADD- orang yang mereka sarankan), kemudian Anda terblokir atau akun Anda terkunci. Seakan- akan, mereka memberi Anda permen. Namun, setelah Anda menghabiskan permen itu, mereka kemudian meminta Anda membayar permen yang telah Anda makan tersebut. Mereka memberi Anda hiburan, kemudian dengan se-enak nya mereka merampasnya kembali setelah Anda menjadi senang dengan hiburan yang mereka berikan.

Dan alasan saya yang paling akhir, yang membuat saya benar- benar tidak mau membuat Facebook lagi adalah; Saya fikir selama ini, akun saya dinonaktifkan adalah karena kesalahan saya sendiri. Meskipun selama 8X akun saya dinonaktifkan, dan saya tidak pernah merasa melanggar syarat dan ketentuan dalam menggunakan Facebook, namun saya selalu membuat akun Facebook yang baru. Saya selalu berkata dalam hati kecil saya seperti ini; “Ah, Akun FB saya dinonaktifkan karena mungkin saya telah melakukan salah. Tapi, saya tidak merasa melakukan kesalahan apapun. Ah, mungkin saya sudah lupa kesalahan yang saya perbuat. Saya akan membuat akun Facebook baru lagi”. Saya selalu berfikir seperti itu. Dan saya selalu merasa, bahwa penonaktifan akun FB saya, hanya terjadi pada diri saya sendiri dan orang lain tidak mengalaminya. Asumsi orang pada umumnya; Jika banyak orang lain tidak mengalami hal buruk yang serupa dengan Anda, itu berarti diri Anda lah yang telah melakukan kesalahan. Namun, ketika saya mencoba mengakses akun inbox Fanspage facebook saya (sebelum akun saya dinonaktifkan), ternyata oh ternyata... hampir 98% dari 400 orang yang bulan kemarin mengirimkan pesan ke fanspage saya, itu akun nya telah dinonaktifkan semua. Lihat screenshoot dibawah ini. Hal ini berarti; bukan saya yang salah, namun sistem administrasi facebook lah yang sangat konyol. Karena, penonaktif-an akun Facebook ini, tidak hanya saya saja yang mengalaminya. Namun, hampir semua orang telah mengalaminya.



Facebook menyebalkan. Facebook sudah bukan menjadi sesuatu yang mengasyikan, namun malah membawa penderitaan dan kekecewaan. Bagaimana tidak menderita atau kecewa !?. Jika sebelumnya Anda memiliki banyak teman, kemudian hanya karena kesalahan kecil saja, akun Anda kemudian di-nonaktifkan, terus kemudian Anda kehilangan teman- teman Anda, apakah bukan kecewa dan sedih rasanya !?. Jika Anda telah bekerja keras, mengumpulkan likers pada fanspage Anda, namun tiba- tiba, karena ada satu orang yang tidak menyukai Anda, kemudian melaporkan konten Anda (yang sama sekali tidak memiliki salah apapun atau bisa disebut sebagai konten normal), sehingga menyebabkan akun FB Anda dinonaktifkan, bukankah hal itu tidak menimbulkan kekecewaan dan kesedihan. Facebook bukan tempat bermain yang menyenangkan lagi. Facebook bukanlah tempat yang baik. Facebook saat ini hanya akan membuat Anda menderita dan bersedih. Mungkin satu atau tiga bulan Anda membuat facebook, tidak akan ada masalah. Namun, ketika sudah lama anda membuat facebook, pasti akan datang masalah kepada Anda. Baik itu karena akun facebook Anda terkunci ataupun dinonaktifkan tanpa sebab.

Mengapa bermain di sosial media yang hanya akan memberikan Anda penderitaan seperti Facebook?. Padahal, ada banyak sekali sosial media di dunia ini yang lebih menyenangkan daripada facebook. Contohnya: Google Plus, VK.com dan Twitter. Facebook memamg populer. Tapi, kepopuleran ini terjadi karena masa lalu mereka (karena memang dulu Facebook populer karena itu adalah tempat yang menyenangkan).  Sekarang ini, facebook masih populer, tapi bukan tempat yang menyenangkan lagi. Facebook sekarang menyebalkan. Facebook sekarang hanya akan memberikan Anda penderitaan dan rasa sedih setelah Anda menggunakan nya selama lebih dari 2 bulan.


PENUTUP:
Penyunting: Justine
Tanggal email/ artikel diterima: 2 Februari 2015.

KONTAK PENGIRIM ARTIKEL:
Nama: Anonymous (disembunyikan).
Alamat Email: alika.nanika@yahoo.com

Yah, diatas adalah sebuah curhatan dari seseorang yang namanya kami rahasiakan, karena dia yang memintanya untuk merahasiakan nya. Topik pembicaraan diatas adalah tentang Facebook menyebalkan.

Terimakasih telah berkunjung di PC Internet Access, dan mengakses curhatan sahabat kita tentang: Facebook menyebalkan.  Jika Anda terhibur atau mendapatkan pengetahuan baru dari artikel ini, mohon sebarkanlah artikel ini kepada teman- teman Anda. Pleese... ^_^ .. C’mon :D

No comments:

Post a Comment

Ads